Tuesday, April 7, 2009

Perkuat Sinyal WIFI dengan Repeater

Oleh Ahmad Saefudin S


Adakalanya kita sering harus online dan bekerja di sudut-sudut ruangan atau taman, biasanya hal ini dilakukan pada saat istirahat atau kita jenuh akan suasana kerja. Namun sering kita kecewa sinyal dari hotspot akses point tidak begitu kuat jadi sering jengkel padahal posisi sudah posisi enak, buat surfing. Begitu juga di kantor-kantor atau rumah yang bersekat atau banyak dinding. Atau memmiliki beberapa lantai.

Untuk itu di perlukan sebuah penguat sinyal wireless AP (Access Point). Sebuah repeater berfungsi merelay dan memperkuat penyebaran sinyal yang mentransferkan data data dari AP ke computer client, sehingga bisa memperluas jaringan wireless. Sebuah repeater tidak memerlukan kabel utp yang terhubung dengan jaringan lan kabel. Repeater dapat berupa alat wireless khusus yang berfungsi sebagai repeater atau sebuah Access Point yang memiliki fitur mode repeater seperti TL-WA601G dari TP-LINK.

Untuk membangun sebuah repeater menggunakan TL-WA601G cukup mudah.
1. Yang diperlukan adalah sebuah AP TL-WA601G, kemudian TL-WA601G yang befungsi sebagai repeater.Kita memulai saat menginstal TL-WA601G sebagai repeater kemudian jangan lupa kita memasukan alamat MAC AP kita ke repeater. Jika kita masih membutuhkan repeater lainnya kita bias menset untuk repeater kedua dan masukan MAC dari repeater 1 ke repeater Mode komunikasi direkomendasikan memilih Universal Repeater-without WDS, karena tidak semua wireless client memiliki fasilitas WDS dan biasanya mode universal lebih mudah berkoneksi dengan AP jenis lainnya. Kita pun harus menset dengan chanel frekuensi yang sama. Repeater sebaiknya menggunakan merek produk yang sama dengan AP.

2.Menverifikasi semua setting system kemanan di setiap akses point jika diperlukan.

3. Menverifikasi semua koneksi computer apa computer client dapat terhubung dengan lan melalui sinyal yang di perkuat oleh repeater dan apakah dapat mengakses internet, file sharing atau printer.

Disarankan membangun repeater jangan lebih dari dua repeater untuk sebuah AP karena dapat mengurangi kualitas kemampuan mentransfer data, untuk memperkuat sinyal juga bisa menggunakan antenna high gain. Dan di perhatikan juga letak AP serta repeater untuk mencari sinya yang kuat yang dapat menjangkau wilayah yang di inginkan tercover wifi.

No comments:

Post a Comment